Kamus Shiping Pelayaran Indonesia
Shipping atau pelayaran adalah proses secara fisik dari pengiriman barang atau muatan via darat, laut atau udara. Tapi bisa juga berarti pergerakan suatu objek dengan sebuah kapal.
Bagi orang awam, mungkin banyak yang bertanya apa sih perusahaan shipping itu? Secara garis besar perusahaan shipping adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman barang baik melalui darat, laut ataupun udara. Disini, saya akan membahas tentang pelayaran melalui laut.
Biasanya pengiriman barang ini dilakukan secara containerize yaitu barang yang akan dikirim dimasukkan ke dalam kontainer. Atau bisa juga secara breakbulk atau barang hanya diletakkan begitu saja di dalam kapal.
Menurut PP No.82 Tahun 1999 dan KM Tahun 2001 ruang lingkup pelayaran adalah sebagai berikut:
- Usaha pokok pelyaran berupa penyelenggaraan angkutan barang dengan mempergunakan kapal.
- Usaha keagenan yang merupakan usaha pelayanan atas kapal orang lain
- Usaha penunjang kegiatan pelayaran
Ocean going atau yang lebih dikenal dengan pelayaran luar negeri akan lebih banyak menangani muatan ekspor dan impor barang. Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean sedangkan Impor adalah kegiatan memasukkan barang dari daerah pabean
- Kepabeanan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah pabean serta pemungutan bea masuk dan bea keluar.
- Daerah Pabean adalah wilayah Republik Indonesia yang meliputi wilayah darat, perairan dan ruang udara diatasnya, serta tempat-tempat tertentu di Zona Ekonomi Ekslusif dan landas kontinen yang di dalamnya berlaku Undang-Undang Kepabeanan.
- Kawasan Pabean adalah kawasan dengan batas-batas tertentu di pelabuhan laut, bandar udara, dan atau tempat lain yang ditetapkan untuk lalu lintas barang yang sepenuhnya berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
- Kantor Pabean adalah Kantor Pelayanan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai tempat dipenuhinya kewajiban pabean
- Kewajiban Pabean adalah semua kegiatan di bidang kepabeanan yang wajib dilakukan untuk memenuhi ketentuan dalam Undang-Undang Kepabeanan.
- Pemberitahuan Pabean pernyataan yang dibuat oleh orang dalam rangka melaksanakan kewajiban pabean dalam bentuk dan syarat yang ditetapkan dalam Undang-Undang Kepabeanan.
Abaft = buritan, di bagian belakang
Aboard = Di (atas, dalam), berada di
atas/dalam kapal, naik kapal.
Abyss = That volume of ocean lying below
300 fathoms from surface. Bagian dasar laut yang menyerupai jurang ngarai yang
sangat dalam, biasanya berada dalam kedalaman 300 mil.
Accommodation Unit / Floatel = Biasanya
digunakan untuk menyelam atau seperti jackup (liat Jackup), dilengkapi dengan
kabin, fasilitas makanan dan kantor yang mampu menampung hingga 800 personel
konstruksi atau operator platform lepas pantai. Sebuah unit akomodasi biasanya
juga dilengkapi dengan ruang kerja dan fasilitas penyimpanan.
Adrift = Terapung-apung, hanyut
terkatung-katung. Berada dalam kondisi terapung di laut saat angin betiup
kencang dan pada saat pasang air laut, biasanya digunakan untuk menyebut orang
yang tidak berada pada tempatnya; meninggalkan tempat kerja.
Aframax = Sebuah kapal tanker yang
memuat minyak dengan berat mati 75.000-115.000 ton. Ukuran statistik ini
digunakan untuk menjaga stabilitas ukuran dari “Aframax Tanker”, karena pada
beberapa tanker berat matinya lebih dari 125.000 ton atau bahkan kurang dari
70.000 ton.
Against the Sun = Pergerakan yang
berlawanan dengan arah jarum jam. Tali yang kidal digulung dengan cara ini.
AHTS = Anchor Handling Tug & Supply,
kapal pengatur jangkar yang juga dikombinasikan dengan fungsi kapal suplai.
All Risks: Pertanggungan untuk semua
jenis kerugian dan kerusakan namun tak termasuk kerusakan karena sifat barang
sendiri, kehilangan kesempatan pasar dan risiko karena kerusuhan dan
peperangan.
Alongside = Berada di samping kapal,
dermaga, atau tembok pelindung pelabuhan.
Altar = Tangga/undakan pada dry dock
(galangan kapal), yang menuju tepi pantai atau bagian yang rendah.
Anchor Handling Tug (AHT) = Kapal yang
membawa tugas tertentu untuk proses operasional di laut seperti memasang dan
memindahkan jangkar, mengangkut alat-alat instalasi pengeboran bawah laut, dsb.
Kapal tersebut juga dapat berfungsi ganda sebagai kapal pensuplay kebutuhan
(Anchor Handling Tug & Supply / AHTS).
Anchor Ice = Es, dalam bentuk apapun,
yang terdapat di laut dan dapat membahayakan kapal.
ANNUAL SURVEY = Inspeksi tahunan yang
dilakukan oleh petugas khusus (biasanya dari class) untuk mengecek keadaan
kapal.
Apeak = Kondisi dimana tali pengait pada
jangkar telah dikaitkan dan dalam kondisi vertikal.
A-stay = Kondisi tali pengait jangkar
pada saat bagian ujungnya yang bergerak kira-kira sama dengan sambungan bagian
depan yang diam.
Athwart = Menyeberang. Transfer.
A-trip = Kondisi dimana tali pengait
jangkar akan segera putus dan menghantam dasar.
Avast = Permintaan untuk segera
berhenti, berhenti dari sebuah aksi.
Awash = Terendam air, diliputi ombak.
Ballast = Pemberat pada kapal yang
biasanya digunakan oleh kapal-kapal pengangkut kargo setelah kargo tersebut
dibongkar. Sehingga kapal tidak kehilangan keseimbangan saat melaju tanpa
muatan. Kapal kargo yang tanpa muatan biasanya memasukkan air laut untuk
pemberat, kondisi ini dinamakan “ballast”.
Bar Taut = Kondisi tali saat mengalami
tekanan sedemikian rupa hingga menjadi kaku.
Bareboat Charter = Proses peminjaman
kapal kosong oleh penyewa berdasarkan perjanjian sewa-menyewa antara pemilik
kapal dan penyewa, dengan tarif sewa yang telah ditentukan. Pada saat kapal
tersebut disewa maka menjadi milik penyewa dan bertanggungjawab atas segala
biaya operasional kapal dan kru kapal serta asuransi kapal sampai batas
perjanjian selesai.
Barque = Kapal layar dengan tiga atau
lebih tiang layar, yaitu tiang belakang yang dipasang pada haluan dan buritan,
dan tiang lainnya yang dipasang pada tengah kapal.
Barquentine = Kapal layar dengan tiga
atau lebih tiang layar, yaitu tiang depan yang dipasang pada bagian tengah
kapal dan tiang lannya yang dipasang pada haluan dan buritan.
Barratry = Tindakan operasional yang
tidak sesuai dengan prosedur atau etika yang dilakukan secara sengaja oleh
nahkoda atau anak buah kapal tanpa sepengetahuan pemilik barang atau kapal, dan
menimbulkan kerugian baik bagi pemilik kapal maupun pemilik barang.
Beams Ends = Keadaan kapal saat garis
geladaknya hampir berposisi vertikal karena terlalu lama dalam keadaan diam.
Bear Off = Menapiskan, menjauhkan;
perintah yang diberikan kepada awak kapal di bagian haluan untuk menjauhkan
kapal dari dinding dermaga atau obyek lainnya yang berada di sisi kapal;
perintah menjauhkan kapal dari obyek yang bergerak mendekat.
Before the Mast = Sebutan untuk
seseorang yang telah lama berlayar; di depan tiang kapal.
Belay = Istilah yang sering digunakan
pelaut yang menyatakan penangkapan, atau membatalkan, menghentikan sesuatu;
mengikat tali secara cepat dengan melilitkannya pada paku, atau obyek lain.
Bergy Bits = Pecahan dari es yang
berukuran kurang lebih seukuran rumah kecil, biasanya merupakan patahan dari
bongkahan glasier.
Berth = Tempat di mana sebuah kapal
sedang ditambatkan atau diamankan; tempat di sekitar kapal yang dipasangi
jangkar atau yang akan dilempar jangkar; akomodasi terbagi dalam kapal;
perekrutan kru kapal; menempatkan kapal pada tempat yang diinginkan.
Beset = Kondisi kapal saat dikelilingi
sepenuhnya oleh es.
Bleed the Monkey = Mencuri secara
sembunyi-sembunyi isi dalam sebuah tong dengan membuat lubang kecil dan
menyedot isinya.
Boat = Kapal kecil yang biasanya
digunakan untuk mengangkut penumpang atau kegiatan lainnya dalam skala yang
kecil dan untuk jangkauan jelajah yang kecil pula.
Bone = Busa yang terdapat pada
baling-baling kapal yang sedang bergerak yang biasanya jarang diketahui atau
diperhatikan.
Booby Hatch = Penutup yang dapat
digerakan secara meluncur yang biasa terdapat pada kabin kapal kecil, ruang
penyimpanan, atau kantor kru kapal.
Bound = Proses menuju tujuan tertentu
atau tempat yang spesifik.
Bouse = Menghela atau menyeret tali ke
bawah. Sebenarnya ‘menghela’ berarti menarik ke atas, ‘menyeret’ berarti
menarik secara horizontal. Perpaduan kata ini berarti menarik tali ke bawah.
Bowse = Menjatuhkan tali ke bawah.
Brash = Pecahan es yang biasa terdapat
di lautan dengan ukuran yang relatif kecil yang berdiameter sekitar 6 kaki.
Breach = Sebutan bagi gelombang atau
ombak yang menghantam kapal hingga rusak.
Breast = Garis pemasangan jangkar yang
kurang lebih tegak lurus dengan garis haluan dan buritan kapal.
Breast Rope = Tali jangkar yang
terpasang dari bagian haluan atau tengah kapal dengan sudut yang tepat terhadap
garis depan dan belakang kapal.
Brig = Kapal dengan dua buah tiang.
Brigantine = Kapal perompak atau bajak
laut; kapal bertiang dua yaitu tiang depan dan tiang utama tetapi dengan layar
utama depan dan belakang, yang ada pada abad 19; pengertian pada kapal masa
kini adalah kapal bertiang dua dengan tiang depan dan tiang utama.
Brow = Jalan kecil yang menghubungkan
kapal dengan daratan saat berada di dermaga atau di sisi tambatan kapal.
Bucko = Petugas/pengawas yang suka
menggertak dan kejam.
Bulk Carrier = Sebuah kapal dengan
geladak tunggal untuk membawa kargo/muatan yang sejenis.
Bulkhead = Bagian depan dan buritan,
pembagian bagian kapal secara vertikal untuk memisahkan interior menjadi
beberapa kompartemen. Dapat tembus air, meningkatkan rigiditas struktur kapal,
dapat melokalisasi efek kebakaran dan air jika terjadi banjir.
Bulk-oil carrier = Kapal multifungsi
yang dibuat untuk mengangkut batubara atau minyak. Kapal ini biasanya memiliki
penutup tahan air agas batubara tidak basah ketika hujan.
Bunker = Bahan bakar minyak yang
digunakan untuk mengoperasikan mesin kapal atau generator.
Buoyage = Kondisi di mana pelampung
sedang dilemparkan atau diletakkan di lautan untuk menolong orang atau untuk
menstabilkan kondisi kapal.
Burgoo = Nama seorang pelaut yang
digunakan untuk menyebut bubur gandum. Pertama kali disebutkan dalam
“Adventures of Sea” karya Edward Coxere (1656)
By the Board = Di atas kapal atau di
sebelah kapal.
Cable = Istilah unit kelautan untuk
menyatakan jarak yang bernilai sekitar 1/10 mil atau 608 kaki atau 200 yard.
Calving = Menghancurkan atau memisahkan
bongkahan es dari glasier atau gunung es.
Camber = Bagian geladak yang melengkung
untuk menahan air; bagian standar dari geladak luar yang berukuran sekitar 1/50
lebar kapal.
Camel = Cekungan di bawah kapal yang
terbuat dari logam atau kayu yang diisi air. Saat airnya terpompa keluar,
bagian ini akan dapat mengangkat kapal. Merupakan alat penting untuk tindakan
penyelamatan. Biasanya dioperasikan secara berpasangan. Telah digunakan di
Rotterdam pada tahun 1690; istilah untuk tindakan pengangkatan kapal.
Can Hooks = Dua pengait datar yang dapat
bergerak bebas pada tali rantai atau kabel. Pengait ini terletak di bagian
bawah tong kosong sehingga berat tong tersebut hanya pada rantai atau kabel
yang akan mencegah pengait terlepas.
Capesize = Kapal yang terlalu besar
untuk melewati Terusan Suez dari Teluk Arab, sehingga terpaksa melewati Tanjung
Harapan, dengan berat mati sekitar 80.000-175.000 ton.
Captain = Pangkat dalam Angkatan Laut di
antara Komandan dan Komodor; Ketua kapal pedagang/kapal biasa yang memberi
perintah di kapal.
Careen = Mengatur posisi kapal sehingga
sebagian besar bagian bawahnya berada di atas air, untuk keperluan perbaikan
atau penambahan bahan anti-karat. Biasanya dilakukan pada kapal kecil.
Carry on = Melanjutkan pelayaran dengan
layar terkembang karena kondisi angin yang memburuk.
Catching up Rope = Tali ringan pada
pelampung untuk menahan kapal saat pemasangan jangkar.
Catenary = Rantai panjang pada bagian
tengah tali pengeret untuk mengurangi tekanan yang mendadak; beban apapun yang
dipasang pada tambang kapal untuk mengurangi tekanan; lengkungan yang terbentuk
oleh rantai yang menggantung pada dua titik.
Cat's Skin = Angin sepoi-sepoi yang
hangat pada permukaan laut.
Charter = Penyewaan kapal dengan selang
waktu dan jarak pelayaran atau paket perjalanan tertentu.
Charter party = Kontrak antara pemilik
kapal dan penyewa, dengan syarat dan ketentuan detail setiap tanggungjawab pada
transaksi.
Charterer = Pihak yang menyewa kapal
dari pemilik kapal.
Check = Mengendurkan tali sedikit,
kemudian mematikan ikatan tali tersebut.
Checking = Mengendurkan tali sedikit
dengan hati-hati dan teliti.
Chemical tanker = Kapal tanker yang
dibuat khusus untuk transportasi bahan kimia. Biasanya dilengkapi dengan
beberapa tanki berlapis bahan stainless steel. Kapal ini dapat membawa beberapa
bahan kimia yang berbeda sekaligus, karena masing-masing tanki memiliki sistem
pipa dan pompa tersendiri untuk proses bongkar dan muat bahan kimia.
Chuch = Sebutan yang biasanya diberikan
untuk ketua yang adil.
Classification = Pengelompokan,
klasifikasi. Setiap kapal harus memasuki komunitas klasifikasi jenis kapal
tertentu untuk kemudahan asuransi dan perekrutan tenaga kerja pada kapal.
Komunitas klasifikasi ini merupakan badan independen di bawah pengawasan para
professional perkapalan. Untuk mempertahankan klasifikasi, kapal harus memenuhi
standar dan diinspeksi oleh komunitas klasifikasi yang bersangkutan.
Clock Calm = Cuaca laut yang sangat
tenang dengan ombak yang sempurna.
Close Aboard = Dekat, berdampingan,
sangat dekat.
Colimation =. Penjajaran yang benar pada
bagian optis suatu instrumen.
Combination carrier = Kapal yang dapat
mengangkut baik kargo cair maupun serbuk atau kering. Ada dua jenis combination
carrier: ore carrier, pengangkut bijih tambang, dan bulk-tank-ships, kapal
tanki pengangkut serbuk kering.
Container vessel = Kapal yang didesain
khusus untuk membawa kontainer standar (TEU). Biasanya disebut juga cellular
container ship. Sebagian besar kapasitas pengangkutan kargo berada pada bagian
atas geladak tempat kontainer diletakkan, atau pada ruang bersekat tertentu.
Kontainer diangkut dan diturunkan dengan derek khusus. Container ship biasanya
melaju dengan cepat dan terjadwal.
Crack on = Menjalankan kapal atau
berlayar dengan kecepatan dan kemampuan penuh.
Craft = Kapal atau beberapa kapal dengan
berbagai jenis dan ukuran.
Crane and Construction Vessel / Unit =
Sebuah kapal, perahu, atau kapal selam yang memiliki perlengkapan untuk
konstruksi atau perbaikan suatu instalasi. Kadang juga menawarkan fasilitas
akomodasi. Pelayanan lain yang ditawarkan adalah fasilitas penyimpanan, suplai
air, udara bertekanan dan listrik, ruang kantor, pusat komunikasi, landasan
helikopter , dan lain-lain.
Crank = Sebutan untuk kapal yang
memiliki stabilitas rendah, yang dapat disebabkan oleh proses pembuatannya atau
karena goncangan kargo yang dibawanya.
Creep = Mencari obyek tenggelam dengan
mengirimkan pencari ke dasar laut.
Crew = Awak kapal, personel kapal selain
nahkoda yang bekerja pada perahu atau kapal. Kadang-kadang awak kapal dibedakan
dengan pegawai kapal; tetapi pegawai atau petugas kapal dapat berarti awak
kapal yang legal.
Crimp = Seseorang yang mengumpan pelaut
dari kapalnya dan merampok pelaut tersebut, dan atau memaksa pelaut untuk
meninggalkan/pindah kapal.
Crude Oil Carrier = Kapal yang didesain
untuk membawa minyak mentah dalam tanki. Contoh kapal jenis ini diantaranya
Panamax (berat mati 50.001-80.000ton), Aframax (berat mati 80.001-120.000ton),
Suezmax (berat mati 120.001-200.000ton), VLCC (berat mati 200.001-350.000ton),
dan ULCC (berat mati 350.001 atau lebih).
Cruise = Berpesiar. Perjalanan kapal
dengan beberapa arah tujuan; berlayar dengan beberapa arah tujuan untuk
kesenangan, pencarian, atau keperluan latihan.
Cruise ship = Kapal pesiar, kapal
penumpang yang membawa penumpang untuk melakukan perjalanan wisata diantara
beberapa pelabuhan tertentu, biasanya dimulai dan diakhiri di pelabuhan yang
sama. Standar akomodasi dan rekreasi kapal ini cukup tinggi.
Culage = Menempatkan kapal di atas
dermaga untuk keperluan perbaikan.
Customary Dispatch = Kecepatan biasa dan
sering digunakan.
Dead on End = Sebutan untuk angin yang
akan menghadang kapal; atau sebutan untuk kapal lain yang garis haluan dan
buritannya ada pada garis pandang pengamat.
Demurrage = Kompensasi yang harus
dibayar oleh penyewa kapal jika lama waktu bingkar dan muat barang pada kapal
yang disewa melebihi dari waktu yang ditetapkan dari perjanjian sewa. Besarnya
jumlah kompensasi ini biasanya disebutkan secara eksplisit saat melakukan
perjanjian sewa.
Deratisation = Pemberantasan tikus pada
kapal.
Dingbat = Sebutan populer untuk alat
pengepel yang terbuat dari tali tambang yang digunakan untuk mengeringkan
geladak.
Ditty Bag = Tas kanvas kecil tempat
pelaut menyimpan sesuatu yang kecil dan menguncinya.
Ditty Box = Kotak kayu kecil dengan
gembok dan kunci tempat pelaut menyimpan barang berharga, alat tulis, dan
berbagai macam sesuatu yang kecil.
Diurnal = Sehari-hari, perhari. Terjadi
sekali dalam satu hari.
Diving Support Vessel = Kapal yang
memiliki perlengkapan selam, yang menjalankan berbagai jenis operasi
penyelaman. Kapal ini dapat juga dioperasikan dengan remote control atau robot
penyelam (Remote Operated Vehicle, ROV).
Donkeyman = Kelasi yang menangani
pemanas atau mesin pembantu, dan membantu pekerjaan di ruang mesin.
Donkey's Breakfast = Sebutan yang
digunakan oleh pelaut pedagang untuk matras atau tempat tidurnya.
Double bottom / double hull = Lambung
kapal atau bagian bawah kapal yang dibangun dengan teknik tertentu sehingga
terdiri atas bagian dalam dan luar yang terpisah oleh ruang hampa, biasanya
selebar beberapa kaki.
Drift Ice = Es pada perairan yang
mengandung pecahan es kecil yang terapung, tetapi total area air lebih besar
dari total area esnya.
Drilling Barge = Perahu yang dilengkapi
dengan peralatan untuk operasi pengeboran di laut yang tenang. Biasanya tidak
memiliki mesin penggerak. Kedalaman maksimum pengeboran sekitar 150 meter.
Drilling Rig = Menara bor dengan sistem
pemompa lumpur dan dapat diputar. Dapat dipasang baik pada pengeboran lepas
laut maupun pada instalasi pengeboran lepas pantai seperti kapal pengebor
(drillship).
Drilling Tender = Instalasi alat
pengeboran untuk kapal yang jenisnya tergantung pada kapal atau perahu untuk
penyimpanan, akomodasi, dan sebagainya.
Drillship = Kapal yang dilengkapi dengan
drilling rig (menara bor) dan mesin penggerak tersendiri. Posisi kapal ini
tetap dengan adanya peralatan pengatur posisi dinamis (Dynamic Positioning
Equipment). Kedalaman maksimal pengeboran sekitar 2.000 meter.
Dry cargo = Kapal yang membawa kargo
kering, dapat memiliki satu atau lebih geladak.
Dunnage = Suatu material dari jenis apa
saja, baik permanen maupun sementara yang digunakan untuk menjaga tempat
penyimpanan dan melindungi kargo selama perjalanan kapal.
DWT = Suatu unit kapasitas kapal untuk
kargo, bahan bakar, barang dan awak kapal, yang diukur dalam satuan ton yang
setara dengan 1.000kg. Berat mati (dwt) kapal adalah total berat yang dapat
dibawa oleh kapal saat proses pemuatan barang.
Fair = Mengatur, mengubah, atau
menyesuaikan bentuk atau ukuran.
Fairway = Jalur air yang dapat dilewati
kapal, baik berupa terusan, pelabuhan, atau sungai.
Fake = Satu lingkar kumparan atau tali;
membentuk kumparan atau mengatur tali untuk ornamen menjadi datar atau tampak datar
yang biasanya berbentuk lingkaran atau segi delapan. Kadang disebut juga
“cheesing down”.
Fang = Katup kotak pompa. Memancing
pompa
Farewell Buoy = Pelampung untuk
digunakan pada tepi laut yang diberikan dari dermaga.
Fast = Tambang untuk menambatkan kapal;
sebutan untuk kapal saat sedang ditambatkan.
Fast Ice = Lapisan es di atas laut yang
melebar dari daratan.
Fathom = Depa; Ukuran 6 kaki (1,83
meter); panjang yang dapat dicapai oleh lengan laki-laki yang diregangkan. Satu
depa kayu artinya memiliki volume 6’x6’x6’=216 kaki kubik.
Feather Spray = Air berbusa yang naik
dengan cepat sebelum buritan kapal berjalan dan baling-baling berputar di air.
Feeder Vessel = Kapal laut jarak dekat
untuk mengambil dan membawa barang dan kontainer dari atau menuju kapal laut
besar.
Fiddles = Perekat untuk bahan kayu yang
digunakan pada meja makan kapal pada cuaca yang buruk. Perekat ini akan
membatasi gerakan piring, gelas, dan alat atau tempat makanan lainnya.
Field Ice = Bongkahan es yang
ujung-ujungnya tidak dapat dilihat dari kapal.
Flake = Menggulung tali sehingga
masing-masing dua ujung gulungan berjejer pada geladak bersebelahan dengan
gulungan tali yang lain, sehingga tali dapat lebih mudah dilepaskan.
Fleeting = Memindahkan moving block pada
katrol dari satu tempat ke tempat lain; memindahkan satu orang atau lebih dari
satu area kerja ke area lain di dekatnya.
Flo-flo-ship = Kapal khusus yang dapat
menyelam sehingga kargo pada kapal dapat terapung atau hanyut, misalnya pada
pengangkutan alat dongkrak yang dapat dibawa dengan cara “piggy back” dengan
flo-flo-ship.
Flotsam, Flotson = Barang-barang dan
perabot yang masih terapung-apung setelah terjadi kecelakaan kapal.
Fly Boat = Kapal boat cepat untuk
perjalanan penumpang atau lalu lintas kargo pada perairan yang aman.
Fothering = Menutup lubang kecil pada
bagian bawah kapal yang berada dalam air dengan menambalnya dengan layar yang
diisi kayu berat.
Founder = Terisi dengan air dan
tenggelam.
Frazil = Es terapung berukuran kecil
pada air sungai. Sebutan ini juga digunakan untuk lapisan es yang baru
terbentuk pada laut.
Freshen the Nip = Menikung atau menarik
sedikit bagian tali sehingga bagian tali yang rusak atau terkoyak dapat
terbuang atau digantikan dengan bagian yang masih baru.
Full and By = Berlayar dengan semua
layar terkembang.
Furniture = Perabot utama pada kapal,
seperti tiang kapal, davit, alat derek, kerekan, dan lain-lain.
Gas tanker = Kapal khusus untuk
transportasi gas (cair) terkondensasi. Kargo yang paling utama untuk kapal ini
adalah LNG (Liquefied Natural Gas – gas alam cair) yang biasanya berupa gas
metana, LPG – Liquefied Petroleum Gas (gas propana, butana), ammonia, dan
etilen. Di atas kapal, gas dijaga agar tetap cair dengan isolasi berefektifitas
tinggi (dengan prinsip termos air), dengan cara memberikan tekanan tinggi atau
temperatur yang rendah hingga -163oC.
Gilliwatte = Nama yang diberikan kepada
seorang kapten kapal pada abad ke 17.
Glory Hole = Suatu tempat tertutup yang
tersembunyi untuk menaruh sampah atau barang yang tidak diinginkan saat
membersihkan geladak.
Gob Line = Tali belakang; seutas tali
yang digunakan oleh kapal kecil untuk bertambat;
Growler = Gunung es kecil hasil pecahan
gunung es besar.
Handymax = ukuran 30,001 dwt - 50,000
dwt
Handysize = ukuran 10,000 dwt - 30,000
dwt
Haul = Menarik, menghela
Hawser = Tali kabel baja yang fleksibel
atau tali serat yang diunakan untuk menarik atau membelokkan sesuatu, dan untuk
penambatan.
Hazing = Perlakuan sewenang-wenang
dengan menyuruh orang bekerja terus-menerus, mengomel, dan berlaku kejam.
Head Fast = Tali penambat yang menjulur
ke dapan dari ujung depan kapal.
Headway = Gerakan kapal ke depan di atas
air.
Heave = Mengangkat.
Heavy Floe = Bongkahan es terapung
dengan ketebalan lebih dari 3 kaki.
Hoist = Menaikkan
Horse Marine = Pelaut yang tidak
cekatan.
Hove = Terangkat
Hove To = Kapal yang berada hampir
melewati angin, tetapi lalu berhenti, dan tetap pada posisi ini dengan layar
terkembang atau mesin yang tetap menyala.
Hoveller = Seseorang yang membantu
penyelamatan jiwa dan barang-barang dari kapal yang mengalami kecelakaan di
dekat pantai. Jika diperlukan, seringkali berada di kapal kecil pada perairan
dangkal untuk menunggu datangnya kapal.
HSS - Highspeed Sea Service = Konsep
kapal ferry cepat dengan lambung ganda atau multilambung dengan kapasitas
angkut hingga 1500 orang penumpang dan sekitar 400 mobil.
Hull Down = Sebutan bagi kapal yang
berada pada jarak jauh saat lambung kapal berada di kaki langit dan tiang serta
bagian atasnya dapat terlihat.
Hulling = Floating Mengapung pada
kondisi angin dan laut yang tenang; berlayar pada kondisi tenang; menembus
kapal dengan proyektil.
Idle time = Periode waktu dari saat
kapal mulai beroperasi tetapi belum menghasilkan keuntungan.
Idler = Anggota awak kapal yang bekerja
sepanjang hari tetapi tidak ikut berjaga di malam hari, misalnya tukang kayu
dan pembuat layar.
Indulgence Passenger = Seseorang yang
diberi tiket kapal gratis, biasanya karena kasihan atau untuk menghibur.
Intermediate survey = Inspeksi kapal
oleh surveyor golongan klasifikasi kapal yang biasanya diadakan sekitar dua
setengah tahun sebelum dan sesudah inspeksi khusus. Inspeksi ini biasanya lebih
teliti daripada inspeksi tahunan dan bertujuan untuk menjamin kelayakan standar
kapal dalam golongan klasifikasi tertentu.
Jack Nastyface = Nama panggilan untuk
pelaut yang tidak populer, berasal dari nama pelaut yang pernah menulis pamflet
mengenai kondisi Angkatan Laut Inggris pada awal abad 19.
Jackup = Instalasi yang dapat bergerak
yang terdiri atas dek besar dengan kaki yang bias didongkrak. Saat beroperasi,
kaki dongkrak dipasang pada dasar laut lalu kapal didongkrak. Saat operasi
selesai, kaki dongkar ditarik kembali dan alat ini akan mengapung. Biasanya
alat ini tidak dilengkapi dengan mesin penggerak tersendiri (kedalaman air
maksimal 110-120meter). Biasanya digunakan sebagai pengebor.
Jerque = Pencarian kapal oleh suatu
badan tertentu karena bahan-bahan yang diangkut kapal tersebut yang ikut
hilang.
Jetsam = Barang-barang yang telah keluar
dari kapal dan tengelam.
Jimmy Bungs = Nama populer untuk rekanan
kapal.
Jolly Boat = Kapal kecil yang merupakan
bagian dari kapal besar untuk keprluan tertentu.
Keckling = Mengikatkan tali kecil di
sekeliling kabel atau tambang untuk mencegah kerusakan terkikisnya kabel atau
tambang tersebut.
Kedging = Menggerakkan kapal dengan
melempar jangkar dan menarik kapal menuju jangkar tersebut.
Kelter = Perintah dan kesigapan yang
baik.
Kenning = Istilah yang digunakan pada
abad ke 16 untuk jarak daratan yang dapat diamati dari kapal di laut. jarak ini
bervariasi dari 14 hingga 22 mil tergantung kondisi atmosfer pada area
tersebut.
Kentledge = Pemberat kapal permanen yang
terbuat dari bijih besi, yang secara khusus dibentuk dan ditempatkan pada
setiap sisi kapal. Nama ini kadang juga diberikan untuk pemberat apa saja yang
terbuat dari besi.
Key of Keelson = Barang palsu yang
biasanya terkirim kepada pelaut yang belum berpengalaman.
Killick = Istilah kelautan untuk
jangkar. Berasal dari nama batu yang digunakan sebagai jangkar.
Kippage = Nama yang pernah digunakan
untuk menyebut perlengkapan kapal, termasuk personelnya.
Knots per Hour = Lambang satuan yang
tidak pernah digunakan bagi pelaut yang hati-hati, karena tidak jelas dan tidak
logis.
Kraken = Monster laut terkenal yang
diperkirakan pernah terlihat di laut Amerika dan Norwegia.
Laden = Dimuat, bermuatan. Sebuah kapal
disebut laden/bermuatan ketika sedang membawa kargo.
Lading = Barang yang dimuat ke dalam
kapal. Kegiatan memasukkan muatan pada kapal.
Lagan = Barang-barang tenggelam yang telah
diselamatkan untuk proses perbaikan selanjutnya.
Lanyard = Tali atau tambang yang
digunakan untuk penyelamatan atau penambatan.
Large = Sebutan untuk kapal yang
berlayar dengan angin yang bertiup pada belakang tiang kapal, tidak pada bagian
kanan buritan.
Lascar = Suku asli India Timur yang
dipekerjakan sebagai pelaut.
LASH - Lighter Aboard Ship = Kapal
tongkang, yaitu kapal yang dapat membawa tongkang di atasnya.
Lask = Berlayar dengan layar lebar,
dengan kekuatan angin yang menghadang tiang sekitar 4 poin.
Lay Aboard = Bergerak mendekati,
menjejeri.
Lay Out = Perintah kepada para awak
kapal untuk berbaris; menjaga kapal tetap pada posisi tertentu hingga beberapa
waktu.
Lay the Land = Meninggalkan daratan
dengan berlayar hingga daratan tampak tenggelam di bawah langit.
Laying on Oars = Memegang dayung dengan
sudut yang tepat terhadap garis depan dan belakang kapal dengan posisi
horizontal dan paralel terhadap permukaan air. Digunakan juga sebagai istilah
sindiran untuk pemalas atau yang tidak dapat menggerakkan kapal dengan dayung.
Lay-up = Menambatkan kapal untuk
sementara dengan jangkar yang terlindungi, mematikan semua sistem operasi yang
penting dan memeriksa keadaan kapal. Biasanya kapal mengalami lay-up selama
beberapa waktu ketika pemiliknya beranggapan bahwa perjalanan kapal pada waktu
tersebut tidak menguntungkan.
Lazarette, Lazaretto = Tempat
penyimpanan perbekalan kapal; kapal atau bangunan tempat seseorang dikarantina.
League = Ukuran jarak sepanjang tiga
mil. Setara dengan 1/20 derajat garis lintang.
Lee Lurch = Gulungan berat untuk
menghadapi angin yang menerpa tiang kapal.
Lie = Diam pada suatu tempat atau
posisi.
Lie By = Diam di samping kapal lain.
Lie To = Membeli kapal dan mendiamkannya
dengan terpaan angin.
Light Hand = Pelaut yang muda tetapi
pintar.
Light Port = Bak atau tingkapan yang
dilengkapi dengan kaca.
Limber Holes = Lubang pada lantai kayu
atau pelindung samping tanki tempat masuknya air kotor pada lambung kapal.
Line = Tali atau tambang yang ringan;
tali kecil untuk kegunaan tertentu.
Liner = Kapal yang berlayar dengan rute
dan waktu perjalanan yang telah ditentukan sebelumnya, dengan jadwal pelayaran
yang terpublikasi.
Lipper = Laut kecil yang airnya naik di
atas haluan atau bibir kapal.
Lobscouse = Sup yang biasa untuk makanan
di kapal terbuat dari daging dan sayuran siap saji.
Lo-lo-ship = Lift on-lift off-ship.
Kontainer atau barang-barang lain yang dinaikkan ke atas kapal dengan alat
derek.
Lop = Laut yang dangkal tetapi sangat
bergelombang
Lubber = Seseorang yang kikuk atau tidak
ahli.
Lumper = Seseorang yang bekerja pada
kapal yang tidak bermuatan di dermaga, atau yang membawa kapal dari satu
dermaga ke dermaga lainnya.
Lurch = Kapal lain yang muncul tiba-tiba
di laut.
Lying to = Sebutan bagi kapal saat
berhenti atau diam di dekat terpaan angin pada cuaca buruk.
M/T-Motor Tanker = Tanker yang
digerakkan dengan mesin diesel.
Mariner = Secara umum berarti seseorang
yang bekerja pada kapal laut. Kadang juga diartikan sebagai pelaut yang bekerja
di geladak.
Marry the Gunner's Daughter = Istilah populer
yang digunakan oleh Angkatan Laut zaman dulu untuk aksi mencambuk, biasanya
saat berhadapan dengan senjata api.
Master = Petugas yang memberikan
perintah pada kapal komersil. Biasanya untuk sebutan petugas navigasi pada
kapal.
Mate = Petugas asisten Master; pegawai
kepala; orang yang telah lama bertanggungjawab pada penyimpanan dan
pemeliharaan kargo serta pengorganisasian kerja pelaut dan navigasi.
Middle Ground = Area laut di antara dua
terusan navigasi.
Modern Mariner Glossary
Moor = Menjaga kapal pada posisi
tertentu dengan dua atau lebih jangkar dan kabel; memasang satu atau lebih
pelampung pada kapal; mengamankan kapal dengan memasang tali.
Narrow Channel Rule = Peraturan tentang
pengaturan terjadinya tabrakan yang mengharuskan kapal untuk bernavigasi pada
jalur yang sempit untuk menjaga agar bagian kanan jalur yang dilalui kosong.
Newbuilding = Kapal yang baru sedang
dibangun.
Nipped = Sebutan bagi kapal yang
tertekan oleh balok es di kedua sisinya.
Nog = Paku kayu pada pantai untuk
membantu kapal yang tergelincir.
Nunatak = Puncak berbatu yang berada
pada daratan es.
OBO carrier = Kapal pengangkut; kapal
yang dibangun untuk dapat membawa berbagai jenis kargo
(minyak/kering/bijih-Oil/Bulk/Ore)
Off and Fair = Perintah untuk membuang
bagian kapal yang berbahaya, mengembalikannya ke kondisi dan bentuk yang
seharusnya, atau menggantinya.
Off-hire = Periode waktu ketika kapal
untuk sementara tidak dapat beroperasi karena keperluan pemeliharaan,
perbaikan, atau pembongkaran.
Offing = Area laut yang berada di antara
langit yang terlihat dan garis tengah antara langit dan pengamat di pantai.
Tetap dalam keadaan offing berarti menjaga jarak dari laut.
Offshore service vessels = Isitilah umum
bagi kapal khusus yang digunakan untuk eksplorasi, pengembangan, dan produksi
minyak dan gas yang ditemukan di laut.
Oil tanker = Kapal yang membawa minyak
mentah atau hasil penyulingan. Jika kapal memiliki peralatan untuk membawa
beberapa jenis kargo secara bersamaan, kapal jenis ini disebut Parcel Tanker.
Shuttle tanker adalah tanker yang membawa minyak dari tambang minyak lepasa
pantai menuju terminal. Tanker minyak yang dibuat khusus untuk transportasi
hasil penyulingan, kadang dilengkapi dengan tanki yang diberi cat atau lapisan
khusus di bagian dalamnya, disebut product carrier.
OSV = Offshore Support Vessel. Kapal
penunjang lepas pantai.
Overhaul = Memeriksa untuk keperluan
perbaikan atau penyesuaian; menyusul; memperluas katrol sehingga jarak antar
geladak semakin besar.
Pack-Ice = Beberapa balok es besar
terapung yang telah menjadi satu dan menjadi lebih sulit atau lebih mudah
terjangkau.
Paddy's Purchase = Istilah pelaut untuk
menyebut pemasangan tali yang sangat mudah tanpa kesulitan apapun.
Painter = Tali pada badan kapal untuk
menjaga posisinya saat proses pengeretan; rantai untuk mengamankan jangkar pada
tempat tertentu.
PANAMAX = Kapal yang memiliki berat mati
sekitar 50.000-75.000 dwt dengan lebar dan panjang maksimum (lebar 32,2 m) dan
dapat melewati terusan Panama.
Pancake Ice = Lempengan es kecil yang
baru terbentuk berbentuk lingkaran yang tidak menghalangi jalannya kapal.
Parclose = Lubang lentur pada kapal.
Parting Strop = Kulit yang dimasukkan
diantara dua tambang dan lebih lemah daripada tambang tersebut, sehingga akan
melindungi tambang dari tekanan yang berlebih; kulit khusus untuk memegang
tambang.
Pay Off = Menurunkan awak dan menutup
perjanjian kapal komersil; pelepasan pangkat pada kapal militer; sebutan bagi
haluan kapal saat menghindari angin.
Peggy = Sebutan yang populer di kapal
militer/komersil bagi pelaut yang kewajiban lemburnya adalah
membersihkan/membereskan bagian kapal yang berantakan.
Petty Officer = Pangkat diantara petugas
dan kelasi, dan merupakan pimpinan kelasi. Biasanya memiliki hak istimewa yang
berhubungan dengan pangkatnya.
Piggin = Ember kayu yang sangat kecil
satu pegangan. Digunakan sebagai gayung pada kapal kecil.
Pinnace = Sebelumnya merupakan sebutan
bagi kapal layar bertiang dua, kadang dilengkapi dengan dayung. Istilah
sekarang berarti kapal kecil dengan layar atau mesin milik Angkatan Laut dengan
panjang 36 kaki.
Pool = Kolam. Genangan air yang tertutup
atau hampir tertutup; perkumpulan yang fluktuatif terdiri atas orang-orang yang
dapat mengawaki kapal, dan dapat bertambah anggota.
Pooping = Sebutan bagi kapal atau laut,
saat ombak secara berturutan menyapu kapal dan masuk ke geladak melalui
buritan.
Popple = Lautan yang pendek.
Port Hole = Celah kecil, biasanya
berbentuk lingkaran, yang ada di sisi kapal. Digunakan sebagai penerangan,
ventilasi, dan fungsi lainnya.
Primage = Uang yang dibayar oleh pemilik
kapal kepada master/pimpinan kapal karena keuletannya dalam menangani kargo.
Kadang tidak berupa uang, melainkan tambahan muatan. Jumlahnya sekitar 1% dari
total kargo.
Procuration = Aksi yang dilakukan oleh
seseorang atas nama orang lain; sebuah dokumen yang mengizinkan seseorang untuk
melakukan sesuatu atas nama orang lain.
Production Ship = Kapal khusus yang
dapat memompa minyak melalui saluran pipa yang fleksibel dari dasar laut.
Production Unit = Bangunan yang
diperlukan untuk produksi minyak dan gas.
Products Tanker = Kapal yang didesain
untuk membawa minyak hasil penyulingan dalam tanki. Jenis-jenisnya antara lain:
Coastal (sekitar 3,001 dwt - 10,000 dwt approx), Small (sekitar 10,001 dwt -
19,000 dwt), Handy (sekitar 19,001 dwt - 25,000 dwt), Medium (sekitar 25,001
dwt - 45,000 dwt), LRI (Long Range One) (sekitar 45,001 dwt - 70,000 dwt), LRII
(Long Range Two) (sekitar 70,001 dwt - 100,000+ dwt).
Propogation = Gerakan puncak ombak yang
keras.
Protest = Pernyataan di bawah sumpah
yang dibuat sebelum ke notaris umum, yang menyangkut kehilangan, kerusakan,
atau gangguan yang terjadi pada saat pelayaran.
PSV = Platform Supply Vessel. Kapal
Penyuplai Bangunan lepas pantai.
Punt = Kapal kecil yang digerakkan
dengan mendorong galah yang ujung bawahnya berada pada dasar air; menggerakkan
kapal dengan menancapkan galah pada dasar air; perahu galah.
Puoy = Galah terpaku yang digunakan
sebagai penggerak rakit atau kapal dengan menyandarkan bagian ujungnya pada
obyek yang tidak bergerak.
Purser's Grin = Senyuman kritis,
menyeringai.
Quarter = Bagian kapal di antara tiang
dan buritan.
Quarter Boat = Kapal kecil yang diangkut
pada bagian quarter kapal, dan diatur agar siap digunakan mendadak saat berada
di laut.
Quarter Spring = Tali yang direntangkan
ke dapan dari bagian quarter kapal untuk mencegah berubahnya buritan atau untuk
menarik kapal ke depan.
Quay = Dermaga. Suatu bangunan yang
menjorok ke laut untuk fasilitas proses bongkar dan muat barang, pendaratan dan
keberangkatan penumpang, perbaikan atau pemulihan kapal.
Radome = Pelindung berbentuk bulat yang
ditempatkan pada pemindai radar untuk mencegah resiko goncangan dan untuk
melindungi radar dari efek cuaca.
Rafting = Menumpuk pinggiran bongkahan
es, sehingga sebagian dari satu bongkahan ada di atas bongkahan lain.
Reach = Aliran lurus air yang berada di
antara dua tikungan sungai atau terusan.
Rector = Nama yang diberikan kepada
Master kapal pada abad ke 11 dan 12.
Reefer Vessel = Kapal yang memiliki
fasilitas pendingin untuk penyimpanan kargo.
Refit = Penggantian gigi mesin yang
sudah terpakai atau rusak dengan gigi yang baru.
Return Port = Tempat untuk turun atau
kembalinya pelaut yang dibebastugaskan.
Rooming = Kondisi perairan yang mendukung
jalannya kapal.
Ro-ro-ship (Roll on - Roll off) = Kapal
kargo dimana bongkar muat kargo dilakukan dengan kendaraan, baik dengan
mobil/trailer atau truk khusus. Ada tiga jenis ro-ro ship, yaitu: ro-ro ship
yang beroperasi untuk membawa kontainer, lempengan, atau kargo umum lainnya
yang dapat diangkut dengan kendaraan, ro-ro ship untuk transportasi mobil baru
(jenis ini disebut PCC-Pure Car Carrier) atau dapat juga mengangkut barang lain
yang dapat bergerak, dan ro-ro ferry yang dapat mengangkut kombinasi antara
kargo bergerak (mobil dan truk) dengan penumpang.
ROV = Remote Operated Vehicle –
Mesin/Kendaraan berpengendali jarak jauh.
Rummage = Dulu diartikan sebagai
kegiatan membongkar kargo. Sekarang berarti kegiatan pencarian kapal secara
hati-hati dan teliti.
Run Out = Melempar jangkar atau tali
tambang dari kapal ke suatu titik tertentu di luar kapal.
Sailing Ice = Massa es berukuran kecil
pada jalur perairan yang masih dapat dilalui oleh kapal.
Sailor = Pelaut. Seseorang yang bekerja
pada kapal untuk perairan dalam. Kadang juga diartikan sebagai seseorang yang
pergi ke laut. Secara resmi diartikan sebagai pelaut yang bekerja pada geladak.
Dulu diartikan sebagai seseorang yang memiliki pengalaman di laut.
Sallying = Memutar kapal yang terjebak
lapisan es untuk menghancurkan permukaan es yang mengelilingi kapal. Kadang
juga dilakukan saat kapal terjebak daratan.
Scrap = Kapal tua atau kapal bekas yang
tidak dapat beroperasi lagi yang dijual kepada penadah untuk melucuti bagian
kapal dan menjual kembali besi pembentuknya. Saat harga sewa kapal turun, nilai
penjualan sisa kapal ini akan lebih tinggi dari nilai jual kapal itu sendiri,
terutama jika kapal itu membutuhkan biaya tinggi untuk proses survey khusus.
Scuttle Butt = Tong berpelindung yang
bertutup pada bagian atasnya sebagai tempat membawa air bersih.
Sea Battery = Penyerangan terhadap
pelaut oleh Master kapal saat berada di laut.
Sea Boat = Perahu pada kapal yang dijaga
agar siap diluncurkan sewaktu-waktu saat berada di laut, kadang disebut juga
kapal darurat/kecelakaan; kapal kecil yang menyertai jalannya kapal besar untuk
menilai performa kapal besar tersebut di laut.
Sea Captain = Master kapal laut. Petugas
bersetifikat yang kompeten dan berkualitas untuk menjadi master kapal laut.
Sea Dog = 1. Pelaut tua yang berpengalaman;
2. anjing laut; 3. prajurit Ratu Elizabeth.
Sea Lawyer = Istilah kelautan untuk
orang yang suka berargumen.
Sea Smoke = Gas yang naik seperti uap
atau asap dari air laut yang disebabkan oleh udara dingin yang berhembus di
atas permukaan laut. dapat juga diartikan sebagai asap beku, kabut uap, kabut
air hangat, atau asap air.
Seafarer = Seseorang yang berpenghasilan
dari bekerja di laut.
Seamanlike = Meniru sikap atau cara
berpakaian seorang pelaut.
Second Greaser = Nama populer kuno untuk
kelasi kelas dua.
Seiche = Osilasi berperiode pendek pada
perairan yang tertutup atau sebagian tertutup, yang tidak disebabkan oleh gaya
gerak kapal.
Seismic ship = Kapal yang dapat
melakukan pemetaan struktur geologi pada dasar laut dengan menembakkan senapan
udara yang akan mentransmisikan gelombang suara ke dasar laut. Gaung dari
tembakan tersebut ditangkap dengan alat pendengar/hidrofon yang dipasang di
bagian belakang kapal. Kapal seismic dapat menghasilkan data yang merupakan
faktor intrinsik dari suatu material yang memerlukan pengujian pengeboran.
Semisubmersible = Instalasi yang dapat
bergerak yang terdiri dari sebuah geladak yang berada pada beberapa tiang, yang
terpasang pada dua atau lebih ponton. Saat beroperasi, ponton akan diisi air
dan tenggelam. Posisi instalasi ini distabilkan dengan beberapa jangkar, tetapi
dapat juga dengan perangkat DPE-dynamic positioning equipment. Umumnya memiliki
mesin penggerak tersendiri, maksimal berada pada kedalaman air 600 – 800 meter.
Sewed = Sebutan bagi kapal saat tingkat
kedalaman air terlalu dangkal untuk pelayaran kapal. Juga sebagai sebutan untuk
air yang menyurut yang menyebabkan kapal harus berlabuh.
Shallop = 1. perahu kecil dengan satu
atau dua dayung. 2. kapal nelayan kecil yang memiliki layar. 3. sekoci.
Sheet = Tali yang digunakan untuk
menyesuaikan atau mengendalikan layar pada kapal layar yang sedang beroperasi.
Shelf-Ice = Es daratan, baik yang
mengapung atau berada pada daratan, yang terbentuk dari butiran salju yang
telah membentuk lapisan tetapi tidak membentuk gunung es.
Shellback = Pelaut kawakan dan
berpengalaman.
Ship = 1. kapal laut; 2. kapal yang
memiliki sertifikat pendaftaran. Secara teknis berarti kapal layar yang
memiliki tiga atau lebih tiang layar. Pada zaman Victoria berarti kapal yang
memiliki paling tidak dua tiang layar pada bagian depan dan belakangnya.
Melaut/berlayar berarti menggunakan kapal.
Shipmaster = 1. Seseorang yang memberi
perintah dalam kapal. 2. Seseorang yang bersertifikat kompeten untuk memimpin
kapal. 3. Marinir ahli.
Shoot Ahead = Melaju dengan cepat.
Mendahului kapal lain dengan cepat saat berlayar.
Short Stay = Sebutan bagi jangkar atau
tambang kapal, saat panjang tambang yang terjulur tidak sampai setengah dari
kedalaman air.
Sighting = Pengamatan dengan mata; memeriksa
dan menandatangani dokumen sebagai bukti keasliannya.
Sighting the Bottom = Mengangkat,
membalik, atau memiringkan kapal dan memeriksa bagian bawahnya dengan teliti
untuk menetahui adanya kerusakan.
Signed Under Protest = Menandatangani
sesuatu atas paksaan dan sebenarnya tidak setuju dengan dokumen yang
ditandatanganinya, setelah menyatakan ketidaksetujuannya.
Singling Up = Menyimpan tali tambang
yang tidak diperlukan, sehingga hanya sejumlah kecil saja tambang rusak yang
harus dibuang saat kapal meninggalkan dermaga.
Sixteen Bells = Bunyi lonceng kapal
sebanyak 16 kali, yang biasanya dibunyikan pada tengah malam tahun baru.
Delapan kali dibunyikan untuk jam ke 24 akhir tahun, dan delapan kali untuk jam
ke 00 tahun baru.
Slob = Pecahan es di teluk, atau pada
pinggiran gumpalan es yang besar.
Slop Chest = Kotak atau kompartemen
untuk penyimpanan pakaian awak kapal.
Slop Room = Kompartemen untuk menyimpan
pakaian untuk keperluan awak kapal.
Small Tanker = Tanker dengan berat mati
lebih kecil dari 50.000 dwt.
Smelling the Ground = Sebutan bagi kapal
yang bagian bawahnya sangat dekat dengan dasar laut dan hampir menyentuhnya.
Snorter = 1. dengusan, orang yang
mendengus; 2. angin yang sangat keras.
Snub = Menghentikan tali atau kabel yang
sedang diulurkan secara tiba-tiba.
Snubber Line = Tali yang digunakan untuk
memeriksa jalannya kapal saat berbelok ke dermaga atau lembah.
Soft Tack = Roti segar.
Son of a Gun = Pelaut yang terlahir di
atas kapal perang, yang pernah dipercaya sebagai salah satu faktor penting
untuk menjadi pelaut yang baik. Merupakan istilah pujian untuk pelaut yang
bekerja dengan sempurna.
Soogee Moogee/Sujee-mujee = Serbuk
pembersih untuk membersihkan kayu atau permukaan yang dicat.
Spanking = Gerakan cepat dan lincah yang
dilakukan oleh kapal yang melaju atau hembusan angin.
Special survey = Pemeriksaan kapal oleh
surveyor klasifikasi kapal yang dilakukan setiap empat atau lima tahun sekali.
Pemilik kapal kadang harus mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan kapal agar
lolos pada pemeriksaan yang keempat atau kelima, atau pilihan lainnya adalah
membongkar kapal sebelum pemeriksaan.
Spile Hole = Lubang kecil pada tong
untuk masuknya udara saat pengeluaran isi tong.
Spindrift = Sapuan air yang terpisah
dari puncak ombak yang disebabkan oleh angin yang kuat.
Splice Main Brace = Mengeluarkan rum
ekstra pada pembagian makanan. Suatu penahan, kadang berupa tali meruncing yang
disambungkan pada keadaan tertentu.
Spooning = Melaju lurus menghadapi angin
dan laut.
Spot market = Pasar penyewaan kapal untuk
perjalanan tunggal.
Spray = Air yang memercik di udara
sebagai partikel.
Spring = 1. Tali yang terjulur dari
bagian belakang kapal ke satu titik di luar kapal. Dengan menarik tali ini
kapal dapat bergerak maju. Kadang digunakan kabel jangkar untuk menggerakkan
kapal ke depan; 2. kecenderungan bagian depan kapal mendekati angin; 3.
pembukaan pelapis; 4. tiang kapal yang patah sebagian.
Spume = Buih laut.
Staith = Alat untuk menaikkan kargo ke
atas kapal. Juga merupakan sebutan untuk tempat pendaratan atau tempat
pemuatan.
Stanch = Sebutan bagi kapal yang kokoh,
kuat, dan tampak tidak mungkin bocor.
Stand-by Vessel = Kapal yang berpusat di
sekitar suatu instalasi lepas pantai dengan tugas untuk mengevakuasi kru
instalasi tersebut pada keadaan darurat, dan menjaga agar kapal lain tidak
mendekati instalasi.
Stave off = Melepaskan sesuatu dengan
tongkat, kait kapal, tiang panjang, dan lain-lain.
Stemming = 1. menstabilkan posisi saat
melalui sungai atau aliran ari pasang; 2. melaporkan kedatangan kapal di
dermaga kepada pengawas dermaga.
Stern Sheets = Bagian kapal pada
halangan belakang buritan, atau diantara halangan belakang dan geladak
belakang.
Storage = Penyimpanan/pergudangan.
Fungsi kapal yang kadang lebih cenderung untuk peyimpanan daripada untuk
transportasi kargo. Saat permintaan pasar menurun, kapal dapat menghasilkan
keuntungan yang lebih banyak dari fungsi penyimpanan.
Storis = Bongkahan es besar bergerak,
yang berumur lebih dari dua tahun, yang meluncur di pantai tenggara Greenland.
Storm Bound = Melempar jangkar atau
tidak dapat melanjutkan perjalanan karena cuaca badai.
Stow = Mengemas secara kompak dan aman.
Stretch Off the Land = Istilah lama pada
kapal layar untuk berlabuh sejenak.
Submersible = Instalasi bergerak yang
dibangun untuk operasi pengeboran di perairan dangkal, yang diturunkan hingga
dasar laut dengan kedalaman air maksimal 30 - 40 meter.
Suck the Monkey = 1. menghisap rum dari
buah kelapa, dimana rum tersebut dimasukkan ke dalam kelapa dari lubang kecil;
2. menghisap isi tong kecil dari lubang kecil, biasanya dengan menggunakan
sedotan.
Suezmax = Kapal dengan berat mati
sekitar 115.000 – 200.000 dwt dengan panjang dan lebar maksimal dan didesain
untuk dapat melewati Terusan Suez.
Sujee;Suji-muji = Sabun atau serbuk
pembersih yang dicampur dengan air bersih; membersihkan cat dengan sujee.
Sun over Foreyard = Istilah kelautan
yang berarti “waktunya untuk minum”.
Supply ship = Kapal untuk transportasi
peralatan dan perbekalan tambang minyak lepas pantai atau instalasi yang sedang
dibangun atau dalam proses produksi. Kadang juga disebut Straight Supply atau
Platform Supply Vessel (PSV).
Swab = Alat pel pelaut untuk
mengeringkan geladak. Terbuat dari tali usang yang dijerat dengan panjang
sekitar 4 kaki. kadang dibuat lebih kecil dan diikatkan pada pegangan kayu
untuk digunakan dengan cairan basa untuk membersihkan kapal.
Swallow the Anchor = Meninggalkan laut
dan bersiap untuk berlabuh.
SWATH = Small Waterplane Area Twin Hull.
Desain lambung kapal yang ekonomis dan dapat melaju cepat, biasanya digunakan
untuk kapal ferry cepat atau kapal cepat lainnya.
Sweat Up = Menarik tali untuk
menggulungnya hingga ujung.
Swell = Serangkaian ombak yang besar dan
kuat yang tidak disebabkan oleh kondisi meteorology di sekitarnya. Biasanya
disebabkan oleh angin yang bertiup jauh dari posisi ombak.
Tally Board = Instruksi di atas kapal
untuk mendekati kapal yang kecelakaan dengan meluncurkan roket penyelamat.
Tally Book = Buku untuk mencamtumkan
daftar kargo yang diterima oleh atau dikeluarkan dari kapal.
Tanker = Kapal yang didesain untuk
membawa kargo cair dalam beberapa tanki. Kapal tanker dapat membawa berbagai
macam produk diantaranya minyak mentah, minyak hail penyulingan, bahan kimia
cair, gas cair, dan anggur. Kapal tanker memuat kargonya dengan mengalirkannya
dengan pompa.
Tanky = Bintara laut di Angkatan Laut
yang tugasnya mengurusi tanki air bersih. Sewaktu-waktu tugas ini dilakukan
oleh petugas navigasi, yang dapat juga disebut ‘tanky’ saat melakukan tugas
ini.
TCE = time charter equivalent = ekivalen
sewa berdasarkan waktu. Suatu ukuran harga sewa kapal berdasarkan tingkat harga
pasar yang dihitung dalam satuan $/ton, disesuaikan dengan waktu penyewaan yang
dihitung dalam satuan $/kapal/hari. TCE dihitung sebagai harga sewa dikurangi
pengeluaran tertentu yang tidak dikeluarkan oleh pemilik kapal saat kapal
disewa, dibagi dengan jumlah hari sewa.
Teem = Menuangkan. Mengosongkan.
Tension Leg Platform = Bangunan terapung
atau pelampung yang bermuatan yang terpasang pada dasar laut dengan rantai
vertikal, penopang, dan lain-lain. Bangunan ini terjaga kestabilan posisinya
dengan daya apungnya sendiri.
Tenth Wave = Ombak ke sepuluh, yang
dipercayai akan lebih tinggi dari sembilan ombak sebelumnya. Meskipun benar
bahwa efek angin akan membuat ombak saling bertumpuk satu-sama lain sehingga
dapat membentuk ombak yang lebih besar, tetapi tidak pernah dikatakan adanya
ombak ke sebelas yang lebih besar, melainkan ombak yang ke sepuluh. Di beberapa
tempat, ombak kelima lebih besar dari ombak lain secara konsisten.
Thole, Thole Pin = Pasak dari kayu atau
besi yang disisipkan pada bibir perahu dayung yang tidak memiliki penopang atau
pengunci dayung.
Three Sheets in the Wind = Sebutan bagi
seseorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras. Atau untuk kapal yang
melaju sempoyongan seperti orang mabuk.
Ticket = Bahasa percakapan sehari-hari
untuk menyebut sertifikat kompetensi. Umumnya dianggap sebagai nama yang
meremehkan, tetapi dengan pengucapan yang tepat akan menunjukkan istilah ini
dengan baik.
Time charter = Penyewaan kapal untuk periode
waktu tertentu. Pemilik kapal menyediakan awak kapal, perlengkapan, dan
persediaan yang diperlukan untuk proses pengangkutan kargo selama kapal dalam
perjalanan. Pihak penyewa wajib membayar biaya pergudangan dan biaya perjalanan
termasuk biaya tol kanal dan bea pelabuhan.
Tom Cox's Traverse = Pekerjaan yang
diselesaikan oleh seseorang yang biasanya tidak melakukan apapun.
Ton-miles = Ukuran untuk berat kapal
tanker. Merupakan berat ton suatu kapal yang dikalikan dengan jarak tempuh.
Touch and Go = Menyentuh daratan dengan
keadaan seimbang selama beberapa saat kemudian kembali melanjutkan perjalanan.
Trice = Mengangkat dengan menurunkan
tali yang terpusat pada suatu tiang atau berkas ikatan.
Trick = Sebutan bagi tugas yang
berhubungan dengan navigasi kapal, khususnya pada kemudi.
Turn = Mengikatkan/memutarkan tali pada
paku atau pin.
Turn up = Menguatkan ikatan tali dengan
memutarkannya pada sekeliling paku.
ULCC = Ultra Large Crude Carrier
(pembawa minyak mentah ekstra besar). Kapal tanker laut dengan berat mati lebih
dari 320.000dwt, dan didesain untuk dapat membawa kargo berupa minyak mentah.
Under Foot = Sebutan bagi jangkar yang
sedang berada di bawah kapal, dan kabelnya kadang naik turun.
Under Way = Tidak tertambat pada dermaga
atau daratan dengan cara apapun. Biasa diartikan sebagai bergerak melaju pada
perairan/laut.
Unmoor = Melepas ikatan tambatan kapal
pada suatu pelampung atau dermaga. Membongkar satu jangkar saat sedang bersauh
dengan dua jangkar. Melepas satu ikatan tambatan saat sedang bertambat dengan
dua kabel.
Unship = Menurunkan sesuatu dari kapal.
Memindahkan sesuatu dari tempatnya.
Up and Down = Sebutan bagi kabel yang
terjulur tegang secara vertikal dari jangkar ke lubang rantai jangkar.
Van = Kapal utama yang memimpin beberapa
rombongan kapal lainnya.
Venture = Sebuah perusahaan yang
menanggung resiko kerugian atas kehilangan sesuatu.
Vessel = Istilah lain untuk kapal yang
sering digunakan dalam navigasi.
Vigia = Laporan akan adanya bahaya
terhadap navigasi kapal namun belum diteliti kebenarannya.
Vise = Pengesahan atas sebuah dokumen
yang telah diperiksa keabsahannya oleh pihak yang berwenang.
VLCC = Very Large Crude Carrier. Istilah
untuk kapal pengangkut minyak mentah yang berukuran sangat besar, biasanya
memiliki bobot mati antara 200.000 sampai 320.000 ton.
Voyage charter = Kontrak mengenai biaya
sewa kapal berdasarkan kapasitas kapal untuk membawa kargo pada satu kali atau
lebih perjalanan. Dalam kontrak sewa seperti ini, pemilik kapal membayar semua
biaya operasi kapal, termasuk bea pergudangan, kanal, dan pelabuhan, biaya
pengemudi, bongkar-muat, dan agensi kapal. Sedangkan biaya pemeliharaan kargo
dibayar oleh pihak yang ditetapkan pada saat perjanjian. Muatan kapal dibayar
per unit kargo, misalnya ton, atau tergantung satuan yang telah disetujui.
Wake = Aliran air yang tiba-tiba mundur
dari kapal yang bergerak. Aliran mundur ini disebabkan oleh gerakan kapal
membelah air sehingga air akan bergerak mengisi kekosongan yang diakibatkannya.
Warming the Bell = Membunyikan lonceng
delapan kali sebelum dan sesudah waktu tertentu.
Warp = 1. benang melintang pada kanvas
atau kain; 2. tambang kapal yang digunakan saat berbelok, biasanya berupa tali
yang lebih kecil dari kabel; 3. tali jangkar; 4. tali penambat
Wash = 1. aliran air yang memecah saat
dilewati lambung kapal; 2. aliran air yang terganggu oleh baling-baling kapal;
3. belati pada dayung.
Washing Down = Sebutan bagi kapal yang
mendekati dan membasahi dermaga dan langsung menjauh melalui jalan keluar
pelabuhan.
Watch Bell = Lonceng yang dibunyikan
setiap setengah jam untuk penanda waktu.
Water Breaker = Tong kecil untuk membawa
air minum ke atas kapal.
Waveson = Barang-barang yang mengapung
di permukaan laut setelah terjadi kecelakan kapal.
Way = Kelembaman kapal saat bergerak di
air.
Way Enough = Perintah yang diberikan
kepada awak kapal saat berada pada perahu dayung, yang menyatakan bahwa perahu
tersebut dapat berjalan mulus, dan agar dayung diletakkan di dalam perahu.
Weather Board = Bagian kapal yang
menghadapi arah angin.
Well Found = Kondisi kapal saat
diperbaiki, disimpan atau saat dicat.
Wetted Surface = Lubang pada permukaan
luar kapal yang berhubungan langsung dengan air saat di laut.
Wharfinger = Seseorang yang memiliki
atau mengatur dermaga.
Where Away? = Laporan yang diberikan
kepada seseorang perihal arah terhadap suatu obyek secara tepat yang telah
diteliti sebelumnya.
Whistling for Wind = Anekdot dari
tradisi lama bahwa meniup peluit akan menyebabkan angin berhembus lebih
kencang.
Whistling Psalms to the Taffrail =
Istilah pelayaran yang berarti saran yang baik namun tidak dilaksanakan.
White Horses = Gelombang yang bergerak
sangat cepat dengan buih-buih udara yang berwarna putih.
Wholesome = Biasa dikatakan bila kondisi
kapal sangat baik meskipun berada dalam cuaca yang buruk.
Wind Dog = Pelangi yang tidak sempurna,
atau bagian dari pelangi yang mengindikasikan akan adanya badai.
Winding = Memutar kapal dari ujung ke
ujung diantara pelampung atau sepanjang dermaga.
Without Prejudice = Kata yang biasa
digunakan saat sebuah pernyataan, komentar atau aksi tidak dilakukan sebagai
perwujudan sebuah persetujuan atau ketidaksetujuan, atau mengakibatkan suatu
hal dalam sebuah perselisihan, atau di bawah pertimbangan.
Wrack = Hantaman gelombang yang
menghancurkan. 2. Rumput laut yang terdampar di pantai.
Yard Arm = Bagian dari pengangkut yang
berada diantara bagian pengangkat dan bagian l
uar dari pengangkut.
Yaw = Penyimpangan dari jurusan lurus.
Sumber : http://www.indonesiaassociate.com/2009/10/kamus-shiping-pelayaran-indonesia.html